Cara Mendapatkan Modal untuk Peluang Usaha

 Cara Mendapatkan Modal untuk Peluang Usaha
Untuk Anda dan siapa saja termasuk juga sayayang  ingin memulai usaha, biasanya modal sering menjadi permalahan utama dan menghambat niat tersebut. Padahal sebenarnya ada banyak cara untuk bisa mendapatkan modal. Bisa dari pinjaman pbankan, lembaga donor, atau bahkan mendapatkan investor. Namun Anda harus bijaksana dalam memilih sumber atau tempat anda mendapatkan modal. Misalnya, Anda  dapat mendapatkan modal dari kredit di Bank Pemerintah dengan  bunga yang ringan.

Sering terdengar keluhan para pengusaha kecil yang sulit untuk mengakses perbankan guna menambah modal. Padahal pesanan atau order dari pelanggan sudah menunggu. Namun karena keterbatasan dana, si pengusaha tidak sanggup memenuhi pesanan pelanggan dalam jumlah besar. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pemerintah terkait masalah ini

Sungguh problema yang harusnya menjadi PR untuk pemerintah dan pengusaha itu sendiri,  Tidak sedikit pengusaha yang terpaksana menanggung masalah ini akibat kirang dana berujung mengecewakan pelanggan, sebab pesanan pelanggan akhirnya tidak terlayani. Pelanggan-pelanggan tersebut mencari pengusaha lain yang bisa memenuhi pesanannya. Tidak menutup kemungkinan kepercayaan akan kualitas produk si pengusaha akan menurun.

Tidak sedikit   pengusaha- pengusaha bisa mendapatkan pasar potensial, tapi tidak mampu melayani pesanan produk dan jasa dari para konsumen karena keterbatasan modal, sebenarnya, ada banyak alternatif yang bisa dilakukan pengusaha baik pemula maupun yang sudah terjun jadi pengusaha untuk menambah atau mendapatkan modal.

Banyak promo kredit, layanan-layanan yang disediakan  oleh  lembaga perbankan. Mulai kredit investasi, modal kerja, atau bahkan factoring. Jenis kredit ini biasanya diberikan kepada pengusaha dengan jaminan purchase order (PO) surat pemesanan dari si pelanggan.Ini merupakan sebuah alternatif pilihan yang bagus, akan tetapi anda harus j eli dalam memanfaatkan fasilitas tersebut

Pemberian tambahan modal bagi pengusaha dan yang akan membuka peluang usaha baru yang mendapatkan pesanan dari pelanggan tentu sangat dibutuhkan demi menjalankan bisnis yang sedang digelutinya, agar dapat berkembang dan lebih maju. Layanan yang diberikan  biasanya tidak seperti biasanya sebagaimana kredit biasa,melainkan feeyang persentasenya cukup kompetitif dibandingkan bunga kredit perbankan.

Apabila Anda memiliki orderan, PO bisa dijadikan agunan dalam mengajukan kredit atau tambahan modal. Pihak pemberi kredit atau tambahan modal dalam hal ini bank tahu bagaimana cara menganalisis benar atau tidak. Modal utama seorang pengusaha adalah tekad dan keyakinan.

Sementara modal berupa  finansial bisa memanfaatkan banyak cara dan pilihan.Dalam hal ini  ada alternatif yaitu  dengan bekerja sama dengan investor, lembaga donor, atau lainnya. Olehkarena itu, pada saat ini terdapat pihak atau lembaga  yang secara khusus menyediakan atau menyalurkan  modal kerja baik dalam bentuk kredit maupun hibah (grant).
 Cara Mendapatkan Modal untuk Peluang Usaha
 Cara Mendapatkan Modal untuk Peluang Usaha
Pada saat ini pihak Pemerintah pun juga mulai memperhatikan para pengusaha tingkat bawah, dengan menggalakkan program kredit bagi usaha kecil dengan menyediakan layanan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM). Sistem permodalan dalam bentuk hibah yang saat ini marak adalah salah satunya.  Biasanya ini diberikan oleh lembaga donor internasional seperti USAID, AUSAID dengan besaran dana mulai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Namun program yang dibiayai umumnya adalah berbentuk kewirausahaan sosial.

Semoga bermanfaat bagi Anda jika ingin memulai peluang usaha namun terganjal dengan permasalahan modal.